Kamis, 15 Maret 2012

Berburu Monster Kutuk (Part.1)

Berburu Monster Kutuk
  
Momen terindah dan menjadi kenangan yang membanggakan bagi setiap pemancing adalah ketika pemancing berhasil menaikkan ikan dengan ukuran yang langka, baik ukuran panjangnya maupun ukuran beratnya, apalagi ketika momen tersebut sempat diabadikan dengan peralatan dokumentasi, seperti kamera, handphone, handycam, dll. Momen ini akan sekaligus menjadi semacam prestasi membanggakan dan eksistensi dari pemancing tersebut di dalam sebuah komunitas pemancing yang diikuti oleh pemancing tersebut, demikian pula halnya dengan kami di komunitas Mancing Kutuk Gabus.



Monster Kutuk 1,2 kg - Strike by Sodikin
Monster Kutuk
Monster kutuk, ada yang bilang master kutuk, babok kutuk (istilah kami sendiri), yang kami maksudkan adalah ikan kutuk dengan bobot di atas 1 kg, panjang lebih dari 50 cm, karena untuk ikan kutuk, ukuran seperti ini adalah termasuk ukuran yang langka di perairan tambak, yang rata2 dipanen 2 s/d 4 kali pertahun. 




Menurut orang2 tambak, untuk menjadi kutuk dengan ukuran  monster ini, kutuk ini tentu harus bertahan hidup dan bertumbuh besar lebih dari 8 bulan di habitatnya, bayangkan kemampuannya untuk mempertahankan diri dengan habitatnya yang dipanen 2 s/d 4 kali pertahun, dia harus melompat dari satu tambak ke tambak yang lain, atau bersembunyi di lubang2 tanah, untuk lolos dari tangkapan ketika tambak pertama dipanen, begitu seterusnya hingga mampu bertumbuh besar menjadi monster. Makin berat dan makin besar ukurannya, tentu makin banyak umurnya, demikian pula tentu makin tinggi tingkat survivalnya. 

Di rawa2 yang lokasinya jauh dari pemukiman / terpencil dan jarang dieksplorasi pemancing, atau di sungai2 tertentu, monster kutuk ini bisa memiliki bobot sampai dengan 5 kg dan panjang hampir 1 meter, bahkan konon bisa lebih dari itu. Bayangkan betapa senangnya kalau bisa fight dengan mereka !



Christian dan Monster Kutuk 1,95 kg
Strike Monster
Sebagian besar pemancing, termasuk saya, pertama kali atau beberapa kali mengalami momen indah menegangkan, strike dengan monster ini secara kebetulan, tanpa sengaja, dan tidak terduga, tahu2 digondhol ikan besar, fight dan berhasil menaikkan ke darat, berikutnya cerita2 heroik dengan tambahan bumbu penyedap akan menjadi bahan cerita dan obrolan yang heboh setelah itu, di setiap waktu dan di setiap acara dan di setiap tempat, monster kutuk sindrome.



Namun berjalan dengan waktu, karena jam terbang mancing makin lama, pengetahuan dan pengalaman makin bertambah, akhirnya mendaratkan monster adalah menjadi semacam hasil dari sebuah perburuan, dan ternyata momen ini lebih sensasional, lebih dramatis, lebih seru menegangkan, dan penuh dengan tantangan. Tentu saja akan ada kiat2 dan trik2 tertentu yang harus dipelajari dan diketahui oleh pemancing untuk bisa berhasil, dan semuanya juga perlu perencanaan dan persiapan khusus.

Dengan segala kekurangan dan keterbatasan saya, akan saya coba untuk membagikan semuanya ini di dalam blog ini, yaitu berdasarkan pengalaman saya pribadi, dan hasil dari tukar pendapat saya dengan tokoh2 tambak (pengelola tambak) dan rekan2 di tim Mancing Kutuk Gabus yang sudah mendalami perburuan dan langganan strike monster kutuk, antara lain : Pak Harijanto, Cak Martin,  Mas Dayat Kutuk,  Pak Sambun, Mas Wahyuklunthing, Adik Christian, Cak Pri, dan rekan2 yang lain, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Amin.


Oleh :
Sodikin

Sumber :
- Pengalaman pribadi
- Tim Mancing Kutuk Gabus
- Tokoh2 tambak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar, saran dan kritik Anda senantiasa kami harapkan, untuk melengkapi blog ini. Terima kasih !
(Sodikin)