Senin, 27 Februari 2012

Mancing kutuk dengan teknik casting / popping (part.2) - Mengkontrol umpan

Mengkontrol umpan
Christian - Mengkontrol umpan


Yang dimaksud adalah menarik kembali umpan yang dilempar ke posisi kita  dengan menggulung reel (kerekan), namun gerakannya dikemudikan sedemikian rupa agar menarik perhatian kutuk2 yang ada di sekitar titik dan garis lemparan.

Disinilah sebenarnya letak sensasi, adrenaline, seni dan segala sesuatu yang ada di dalam aktivitas  mancing kutuk dengan teknik casting / popping menggunakan umpan percil, karena 95 % momen menegangkan ketika kutuk menyantap umpan terjadi pada saat umpan diseret, 5 % - nya langsung disambar pada saat umpan jatuh ketika dilempar. 

Setiap pemancing popping dengan jam terbang yang tinggi biasanya memiliki trik2 kreatif tersendiri dan menjadi ciri serta keistimewaan yang khas  dari pemancing tersebut dalam hal mengkontrol umpan. Hal ini sulit diceritakan dengan kata2 maupun tulisan, namun akan lebih mudah, lebih indah dan menarik apabila dilihat secara visual.

Gerakan mengkontrol umpan

Pada dasarnya macam2 gerakan mengkontrol umpan bisa kita bedakan sebagai berikut :

1. Berdasarkan kecepatan :
- Seret cepat (menggulung reel dengan cepat)
- Seret lambat (menggulung reel dengan lambat)
- Kombinasi cepat dan lambat

2. Berdasarkan posisi umpan :
- Seret atas (umpan dikontrol terapung di permukaan air)
- Seret tenggelam (umpan dikontrol tenggelam di dalam air)
- Seret naik turun (seperti gerakan orang berenang gaya dada)

Macam2 gerakan ini dikreasikan dan diterapkan pemancing semata2 untuk mengikuti / menyesuaikan dengan kemauan kutuk (pola makan kutuk), karena pola makan kutuk bisa berbeda dari waktu ke waktu dan dari lokasi yang satu ke lokasi yang lain, seperti yang pernah kami tulis dalam artikel kami sebelumnya. Prinsipnya, pemancing harus bisa mengikuti dan melayani apa kemauan kutuk, atau kalau tidak, membuat gerakan yang menggoda / menggangu supaya kutuk marah dan menyerang.

Sekali lagi sulit untuk berbagi tentang bagaimana seharusnya melakukan gerakan mengkontrol umpan ini, karena ini adalah benar2 semacam seni dan kreativitas dari setiap pribadi pemancing, mencoba dan mengalaminya sendiri akan lebih mudah mengerti dan niscaya menemukan kreasi sendiri, tidak tertutup kemungkinan untuk menemukan kreasi baru yang lebih jitu dan efektif.

Oleh :
Sodikin


Sumber :
- Pengalaman pribadi
- Cak Martin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar, saran dan kritik Anda senantiasa kami harapkan, untuk melengkapi blog ini. Terima kasih !
(Sodikin)