Rabu, 01 Februari 2012

Peralatan Mancing Kutuk dengan Teknik Casting / Popping




Mancing Kutuk dengan teknik Casting / Popping
- Peralatan Utama -

Artikle ini kami batasi dalam ruang lingkup yang lebih sempit, dalam artian segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas tim kami, mancing kutuk / gabus dengan teknik casting / popping menggunakan umpan percil (anak kodok / katak), 

Mancing kutuk dengan teknik casting / popping  menggunakan umpan percil, adalah salah satu teknik memancing ikan yang relatif minim perbekalan, karena pemancing hanya dapat memakai satu set peralatan pada saat memperagakannya, cara ini adalah cara mancing yang paling aktif dan reaktif. Seseorang harus melempar, menggulung kemudian melempar lagi, dan menggulung lagi, begitu terus berulang2 sampai umpan disantap ikan, baru fight. Satu kali trip bisa ratusan kali melempar dan ratusan kali menggulung, bahkan bisa ribuan kali, " bandingkan dengan cara lain! ". Oleh karenanya hanya perlu 1 set peralatan yang dipergunakan, dengan catatan apabila tidak ada kendala dengan set peralatan yang kita pakai tersebut.

1 Set Peralatan Utama pada saat casting / popping itu adalah sebagai berikut :
1. Joran ( fishing rod / stick pancing / walesan )
2. Line Winder ( reel pancing / kerekan )
3. Casting line ( senar / kenur )
4. Fishing hook ( mata kail / pancing )
5. Umpan ( percil / anak kodok )
Sudah banyak penjelasan yang kami publikasikan mengenai umpan (percil) pada artikle2 kami sebelumnya, untuk itu kali ini mengenai umpan, tidak kami bahas lagi.



Stick Exori Emperor 240 ( owner : Harijanto )
Joran ( fishing rod / stick pancing / walesan )
Joran yang dipakai tergantung selera pemancing, bisa menggunakan joran antena maupun joran sambungan  ( 2 section ), yang penting pilih joran yang tidak terlalu lentur dan tidak terlalu kaku, dan sedapat mungkin tidak menggunakan joran yang terlalu berat, karena joran yang berat membuat kita cepat lelah, tangan kesemutan, pundak / bahu terasa pegal.
Panjang joran berkisar antara 165 cm s/d 300 cm, terserah selera pemancing, yang ideal tentunya adalah ukuran range tengahnya 240 cm, merk terserah pemancing, harga terserah pemancing, yang penting "happy".





Reel pancing GLOBE 7 Ball Bearing (owner : Harijanto )
Line Winder ( reel pancing / kerekan )
Merk dan harga terserah pemancing, yang paling mendasar adalah, pilih reel pancing yang line roller-nya ditumpu dengan ball bearing, bukan ditumpu dengan bushing, karena gerakan melempar dan menggulung yang sedemikian padat menyebabkan stress di bagian tersebut. Oleh karenanya, demi kenyamanan, kemudahan, dan keawetan reel pancing, bisa kami sarankan, pilih reel pancing yang menggunakan minimal 4 ball bearing, sedapat mungkin juga tidak menggunakan reel pancing yang terlalu besar dan berat, seperti halnya memilih joran tadi. Ukuran reel pancing berkisar antara size type 750 s/d type 2000 ( 75 s/d 200 ), yang ideal adalah range tengahnya, size type 1000 ( 100 ).


Line Roller






Casting line ( senar / kenur )
Memilih senarpun hak asasi pemancing, sesuai selera dan kesenangan masing2, merk dan harga tidak menjadi masalah, karena kutuk tidak akan pernah tahu merk dan harga senar, tetapi tentu saja semakin mahal harga senar, biasanya semakin tinggi kwalitasnya.
Ukurannya berkisar antara 0,20 mm s/d 0,30 mm, dan yang paling aman dan nyaman adalah pilih ukuran 0,25/0,26 mm, karena dengan memakai ukuran ini, kita tidak usah pakai senar yang  mahalpun sudah cukup kuat untuk ber-popping ria, kecuali untuk memancing monster kutuk ( lebih dari 1 kg ) di lokasi yang medannya payah banyak ranjau, baru butuh yang lebih baik kwalitasnya dan tentu saja harganya pasti lebih mahal, atau kalau menggunakan senar yang murah - gunakan ukuran yang lebih besar dari itu.

Fishing hook ( mata kail / pancing )
Mata kail yang biasa digunakan adalah mata kail carbon type 1053 no.8 s/d no.12, pilih mata kail carbon karena ketajamannya lebih awat, pilih type 1053 karena bagian tajamnya ada lengkungan ke dalam. Ukuran yang ideal adalah range tengahnya, yaitu no.10, terlalu kecil kadang tidak nyangkut, terlalu besar sering2 nyangkut kotoran / lumut, ganggang, dll. Harga dan merk terserah pemancing, yang penting kita yakin dan pede dengan apa yang kita gunakan. 

Salam bahagia buat semuanya...!

" Alat yang terbaik adalah alat milik kita sendiri, yang ada pada kita, dan yang sedang kita gunakan. " ( Pakipunk )

oleh :
Sodikin
Sumber :
Pengalaman pribadi.

3 komentar:

  1. senarnya pake senar nylon buat pooping bisa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Mas, segala jenis senar bisa dipakai, bedanya nanti tentang jarak lemparan dan kontrol ketika kita menggulung reel, silahkan dicoba dulu biar tahu. Thank's ya.

      Hapus
  2. mkasih infonya, sangat berguna bagi saya..karena saya masih pemula untuk mancing dengan tehnik ini.

    BalasHapus

Komentar, saran dan kritik Anda senantiasa kami harapkan, untuk melengkapi blog ini. Terima kasih !
(Sodikin)