Minggu, 13 November 2011

Macam2 gerakan kutuk




 Mengenali gerakan "Kutuk" di dalam air
 Oleh : Sodikin (Narasumber : Pak Man)


Mancing Kutuk
Yang namanya mancing kutuk....., bukan hanya melempar umpan terus kemudian dapat kutuk, tetapi menurut Pak Man, seorang anemer tambak di Sidoarjo yang sudah setengah abad mengamati gerakan kutuk di dalam air, mengatakan bahwa, seorang pemancing harus tahu gerakan kutuk, sebab gerakan kutuk di dalam air ada beberapa macam, diantaranya adalah (saya diberi tahu 5 macam oleh Pak Man, katanya yang lain menyusul) :

Mancing Kutuk

1. Nenggak , yaitu gerakan ketika kutuk menyambar mangsa yang berenang di permukaan air, misalnya ikan kecil, katak, serangga, dll. Gerakan ini biasanya menimbulkan suara yang cukup tajam dan keras, begini, " Duuuoookkkk!!!! " atau orang lain kadang mendengarnya, " Brruuuaasss!!!! " atau ada yang bilang, " Jrruuuooottt !!! ". Jadi kalau dengar suara semacam ini, yaa.... lempar saja, daripada nanti gak dapet!!!

Seekor Kutuk nenggak katak


2.Nggapur , yang sebenarnya adalah gerakan dari anak2 atau bayi kutuk yang sedang bergerombol dan menimbulkan buih2 kecil di permukaan air. Biasanya gapuran (istilah untuk anak2 kutuk) ini selalu dilindungi dan dikawal oleh induk kutuk maupun pejantannya, secara terus menerus sampai gapuran itu siap berburu mangsa sendiri. Gerakan ini hanya bisa dilihat dan dicermati secara visual, tetapi kadang2 induk maupun pejantannya juga nenggak, yaitu apabila ada ikan atau binatang lain yang membahayakan gapurannya. Jadi kalau lihat kertip2 gapuran, yaa...lempar saja,... daripada gak dapet!!!.

Gelembung2 air oleh gerak gapuran (bayi kutuk) di permukaan air

Yah, untuk sementara cukup 2 macam gerakan ini dulu, nanti yang 3 macam menyusul, dan yang lain lagi nunggu dikasih tahu Pak Man.

- bersambung - 

Oleh :
Sodikin


Narasumber : Pak Man

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar, saran dan kritik Anda senantiasa kami harapkan, untuk melengkapi blog ini. Terima kasih !
(Sodikin)